Pages

21 April 2010

SELAMATKAN BUMI DARI SAMPAH PLASTIK



Semua serba plastik.....pembungkus,wadah makanan dan minuman dll, kini hampir semuanya terbuat dariplastik, bahkan untuk memasak lontongpun sekarang pakai bungkus plastik. Alasannya sama.... ringan , murah dan tahan untuk dipakai. Jadi kalau dihubungkan walau tidak nyambung dengan operasi plastik,tapi kesannya plastik itu nampak bagus tetapi palsu dan berbahaya.

Jika plastik itu tidak dipakailagi, tentu akan jadi sampah.Dan saya baru mengetahui dari katalog ini,bumi baru bisa mengurai wadah plastik tersebut selama 50 tahun,wah..tak terbayangkan. Dan selama penguraian, sampah plastik tersebut
mengeluar kan zat kimia berbahaya bagi manusia. 

Saya jadi teringat masa kecil,setiap berbelaja ke warung, ibu saya bawa keranjang sendiri. Penjagawarungpun membungkus ikan pakai daun jati untuk membungkus kue pakaidaun pisang. Dan yang paling saya ingat, untuk menanak nasi pakai  'SENDUK' ( gagangnya kayu, sendoknya batok kelapa).

Jadi bagaimana solusinya, mungkin salah satu solusinya dengan memakai wadah plastik yang tidak berbahaya (food grade). Karena tidak mungkin untuk saat ini membungkus ikan dengan daun jati, karena pohon jati langka atau menaruh lauk pakai rantang tanah yang juga sudah langka. Jadi mari kita selamatkan bumi dari sampah plastik.(bundajai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar