Pages

28 Maret 2011

HATI-HATI PENIPUAN DI DUNIA MAYA

Hampir semua Televisi yang ada di Indonesia sedang hangat-hangatnya memberitakan penangkapan Selly Yustiawati. Diberitakan sudah hampir 1 tahun yang bersangkutan menjadi DPO ( Daftar Pencarian Orang). akhirnya bak kata pepatah  SEPANDAI-PANDAINYA BAJING MELOMPAT PASTI AKAN TERJATUH JUGA. 

Tak terhitung orang yang udah kena tipu dayanya, menurut pengakuannya di salah satu TV Nasional, Modus penipuannya memakai beberapa cara:
1. Meminjam Uang dengan janji mengembalikan uang tersebut lebih besar.
2. Meminta bantuan untuk orang tuanya yang sakit.
3. Menguruskan pekerjaan dengan imbalan.
4. Menjual suatu produk dengan harga miring.
5. Dan banyak lagi modus-modus yang belum di bongkar.

Dengan kejadian - kejadian ini banyak pengguna internet jadi dilematis jika bertransaksi dengan rekanan bisnis. Untuk itu perlu kiranya kiat-kiat khusus untuk meminimalisir penipuan di dunia Maya.
1. Jika membeli produk yang ditawarkan dengan harga miring , jangan langsung percaya.
2. Usahakan si Penjual orang yang di kenal/kredibel dimata anda minimal ada yang mengenal dia.
3. Jika anda pembeli usahakan barang datang baru dibayar( mungkin gak ya?), jika anda menjual uang dibayar baru barang dikirim.
4. Lebih baik jika sipenjual mempunyai Website atau Toko On line. Kalau hanya Facebook semua orang bisa buat sebanyak banyaknya. Dan kebanyakan penipuan melalui FB dan Twitter.
5. Kalau bisa dapat referensi teman yang pernah membeli tentang produk yang diminati.
6. Jagalah Account Blog, Facebook atau Twitter anda, jangan sampai tertinggal selain di Komputer/Latop pribadi anda. Anda pasti tau akibatnya jika account kena hacker.
Demikian sedikit kiat dari saya yang hampir kena tipu rekanan dunia Maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar